Materi Sosiologi Kelas X Cuilan 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)

Tujuan Pembelajaran
Dengan mempelajari cuilan ini, Anda diharapkan mampu:
- Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
- Menyusun rancangan penelitian sosial budaya
- Menentukan topik atau masalah sosial dan budaya sebagai fokus penelitian
- Menentukan pendekatan penelitian
- Memilih subjek penelitian sebagai sumber data dan informasi, dan
- Mengumpulkan data yang sesuai dengan masalah atau fokus penelitian

A. Proses Berpikir dan Penelitian
1. Proses Berpikir (Penalaran)
Penalaran ialah suatu proses berpikir untuk memperoleh kesimpulan yang logis berdasarkan fakta yang relevan. Hal ini disebabkan oleh dua hal berikut.
1) Manusia mempunyai bahasa yang bisa mengomunikasikan isu dan jalan pikiran yang melatarbelakangi isu tersebut
2) Manusia mempunyai kemampuan berpikir berdasarkan suatu alur kerangka berpikir tertentu

Penalaran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1) Logis, yaitu sesuai dengan logika. Secara singkat, sanggup dikatakan bahwa logika ialah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus atau tepat.
2) Analitis, yaitu bersifat analisis. Analisis ialah penyelidikan terhadap suatu kejadian untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.


Jenis penalaran yang penting bagi penelitian ialah sebagai berikut.
1) Deduksi, orang pertama yang menyebarkan sistem logika deduktif untuk menjelaskan suatu problem ialah Aristoteles* (384-322 SM). Berpikir deduktif ialah proses penarikan kesimpulan dari hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus.
2) Induksi, merupakan metode pemikiran yang bertolak dari kejadian khusus untuk memilih aturan umum.
3) Gabungan induksi dan deduksi, dalam penelitian banyak argumen dibangun dengan menggabungkan proses penalaran induksi dan deduksi secara berurutan.

2. Penelitian
Pendapat para hebat wacana penelitian klik di sini. Berdasarkan definisi-definisi tersebut sanggup diambil kesimpulan sebagai berikut.
1) Penelitian ialah perjuangan menarik kesimpulan yang sanggup mendapatkan amanah kebenarannya, yang dilakukan dengan sadar dan teliti berdasarkan mekanisme ilmiah tertentu.
2) Penelitian ialah kegiatan ilmiah yang memakai metode ilmiah terhadap satu atau beberapa masalah di dalam dunia empiris melalui pengumpulan data (data collecting).
3) Penelitian ialah suatu proses atau rangkaian langkah yang dilakukan secara berkala dan sistematis untuk mendapatkan pemecahan masalah atau tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu.

Kegunaan penelitian
1) Memperkuat ilmu pengetahuan
2) Membina dan menyebarkan ilmu pengetahuan

Tiga syarat penelitian
1) Sistematis, dilaksanakan berdasarkan pola tertentu dari yang paling sederhana hingga yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
2) Terencana, dilaksanakan secara sengaja dan langkah-langkah pelaksanaannya sudah dipikirkan sebelumnya.
3) Mengikuti mekanisme ilmiah, mulai dari awal hingga selesai kegiatan, penelitian dilakukan berdasarkan cara-cara yang sudah ditentukan.

Cara berpikir seorang peneliti
1) Skeptis, menanyakan bukti atau fakta yang sanggup mendukung suatu pernyataan
2) Analitis, menganalisis setiap pernyataan atau problem yang dihadapi
3) Kritis, selalu mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta menimbang segala hal secara objektif
4) Jujur, tidak memasukkan keinginannya sendiri ke dalam data
5) Terbuka, bersedia menawarkan bukti penelitiannya dan siap mendapatkan pendapat pihak lain

Sikap seorang peneliti
1) Objektif, harus sanggup memisahkan perasaan pribadi dan fakta
2) Kompeten, mempunyai kemampuan untuk melaksanakan penelitian
3) Faktual, bekerja berdasarkan fakta yang diperoleh

3. Prosedur Penelitian
Dilakukan dengan urutan sebagai berikut.
1) Penelitian dihadapkan pada suatu kebutuhan atau masalah tertentu
2) Merumuskan masalah sehingga batasan, kedudukan, dan alternatif cara pemecahan masalah tersebut menjadi jelas
3) Menetapkan hipotesis sebagai titik tolak dalam mengadakan tindakan untuk memilih alternatif pemecahan masalah yang dipilih
4) Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis (collection of data as evidence)
5) Mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data dan dikembalikan kepada hipotesis yang sudah dirumuskan
6) Menentukan kemungkinan untuk mengadakan generalisasi dari kesimpulan tersebut serta implikasinya di masa yang akan datang

4. Tahapan Penelitian
Menyusun rancangan penelitian
Rancangan penelitian terdiri dari langkah-langkah berikut
1) Menentukan masalah yang akan diteliti, ialah masalah yang sanggup memotivasi seseorang untuk segera melaksanakan penelitian, selain itu juga harus cukup tersedia datanya di lapangan.
2) Studi pendahuluan, dilakukan untuk mencari isu yang diharapkan oleh peneliti supaya masalahnya menjadi jelas.
3) Merumuskan masalah, tindakan lebih lanjut sesudah studi pendahuluan ke mana alur penelitian akan dimulai.
4) Merumuskan anggapan dasar, ialah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang berfungsi sebagai daerah berpijak dalam melaksanakan penelitian.
5) Memilih pendekatan, ialah metode atau cara yang akan digunakan dalam melaksanakan penelitian. Secara umum ada dua pendekatan dalam penelitian yaitu,
a) Pendekatan kuantitatif digunakan jikalau data yang hendak dikumpulkan ialah data kuantitatif (data berbentuk angka).
b) Pendekatan kualitatif digunakan jikalau data yang hendak dikumpulkan ialah data kualitatif (data yang disajikan dalam bentuk kata atau kalimat).
6) Menentukan jenis dan sumber data. Mencakup apa yang akan diteliti dan dari mana data diperoleh.

Pelaksanaan penelitian
Terdiri dari langkah-langkah berikut
1) Menentukan dan menyusun instrumen. Instrumen ini sangat tergantung pada jenis dan dari mana data diperoleh.
2) Mengumpulkan data.
3) Analisis data
4) Menarik kesimpulan. Langkah ini merupakan langkah terakhir dari kegiatan penelitian.

Penyusunan laporan penelitian
Dalam penulisan laporan penelitian ilmiah, struktur penulisannya secara umum ialah sebagai berikut.
1) Pendahuluan
Bagian ini berisi:
a. Latar belakang masalah
b. Identifikasi masalah
c. Pembatasan masalah
d. Perumusan masalah
e. Tujuan penelitian secara umum
f. Kegunaan penelitian

2) Penyusunan kerangka teoretis dan perumusan hipotesis
Bagian ini berisi:
a. Pengkajian teori yang digunakan
b. Pembahasan penelitian
c. Penyusunan kerangka berpikir
d. Perumusan hipotesis

3) Metodologi penelitian
Bagian ini berisi:
a. Tujuan penelitian secara operasional
b. Tempat dan waktu penelitian
c. Metode penelitian;
i. Penentuan unit analisa
ii. Subjek penelitian
iii. Teknik pengambilan sampel (contoh)
iv. Teknik pengumpulan data
v. Teknik analisis data
d. Pendekatan penelitian
e. Jenis penelitian

4) Hasil penelitian
Bagian ini berisi:
a. Variabel yang diteliti
b. Teknik analisis
c. Kesimpulan analisis data
d. Penafsiran kesimpulan analisis data
e. Kesimpulan pengujian hipotesis

5) Kesimpulan dan saran
Bagian ini berisi:
a. Deskripsi singkat mengenai masalah hipotesis dan hasil penelitian
b. Kesimpulan penelitian dari seluruh aspek tersebut
c. Pengajuan saran

6) Laporan penelitian sanggup pula ditambahi dengan daftar pustaka dan lampiran-lampiran

5. Jenis-Jenis Penelitian
1) Penelitian berdasarkan tujuannya
a. Penelitian dasar (basic research), kegiatan utama penelitian ini ialah mengumpulkan isu guna menyusun konsep dan hubungan, serta teori untuk menemukan prinsip-prinsip umum mengenai suatu topik yang nyata dalam masyarakat.
b. Penelitian terapan (applied research), berusaha menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan suatu teori dalam memecahkan suatu problem dalam kehidupan sehari-hari. Jenis lain dalam penelitian terapan, yaitu penelitian penilaian yang dilakukan untuk menilai pelaksanaan suatu program.

2) Penelitian berdasarkan metodenya
a. Penelitian historik, fokus kajian penelitian ini ialah kejadian yang telah terjadi di masa lampau.
b. Penelitian survei, berusaha memperoleh isu dari banyak sekali kelompok atau orang dengan cara penyebaran atau kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah simpel dalam kehidupan sehari-hari.
c. Penelitian eksperimen, dengan merekayasa dan mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.
d. Penelitian observasi, tujuan penelitian ini ialah memperoleh banyak sekali data konkret secara pribadi di lapangan.

3) Penelitian berdasarkan taraf pemberian informasi
a. Penelitian eksploratif. Penelitian ini menggali suatu tanda-tanda yang masih baru. Penelitian ini bisa diidentikkan dengan penelitian yang memakai pertanyaan “apa” dan “siapa”. Tujuan penelitian ini adalah:
- Untuk menyebarkan gagasan dasar mengenai topik baru, dan
- Memberikan dasar bagi penelitian lanjutan

b. Penelitian deskriptif. Penelitian ini menawarkan citra yang lebih detail wacana suatu tanda-tanda atau fenomena. Merupakan lanjutan dari penelitian eksploratif. Penelitian ini diidentikkan dengan penelitian yang memakai pertanyaan “bagaimana”. Tujuan penelitian ini adalah:
- Menggambarkan mekanisme sebuah proses, dan
- Menciptakan seperangkat kategori atau pola

c. Penelitian eksplanasi. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan klarifikasi wacana mengapa suatu kejadian atau tanda-tanda terjadi. Hasil hasilnya ialah berupa korelasi alasannya ialah akibat. Penelitian ini diidentikkan dengan penelitian yang memakai pertanyaan “mengapa”. Tujuan penelitian ini adalah:
- Menghubungkan pola-pola yang berbeda namun mempunyai keterkaitan
- Menghasilkan pola korelasi alasannya ialah akibat

4) Penelitian berdasarkan data yang dikumpulkan
a. Penelitian kuantitatif, menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Pendekatan penelitian ini memakai teknik survei.
b. Penelitian kualitatif, menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Teknik berupa wawancara, dan tidak dianalisis dengan statistik.

5) Penelitian berdasarkan daerah pelaksanaannya
a. Penelitian laboratorium. Dilakukan di suatu daerah khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah.
b. Penelitian lapangan. Dilakukan dalam kehidupan sebenarnya.
c. Penelitian perpustakaan (kepustakaan). Bertujuan mengumpulkan data dan isu dengan santunan banyak sekali materi yang terdapat diperpustakaan.

B. Rancangan Penelitian
Umumnya rancangan penelitian terdiri dari delapan cuilan besar, yaitu latar belakang masalah, perumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, penelitian terdahulu, landasan teori, hipotesis, dan metodologi penelitian.

Penelitian Terdahulu
Dengan melacak penelitian terdahulu peneliti sanggup menghindari duplikasi dan sanggup memosisikan kedudukan penelitian yang tengah dilakukan. Hasil penelitian terdahulu juga sanggup digunakan sebagai data pendukung.

Latar Belakang Masalah
Harus mengemukakan alasan dipilihnya suatu masalah atau topik yang akan dijadikan materi penelitian. Mengapa masalah tersebut perlu diteliti apa yang melatarbelakanginya. Dikemukakan juga fakta-fakta sementara yang diperoleh peneliti dari pengamatan dan studi kepustakaan. Dalam memilih suatu masalah hal yang perlu dipertimbangkan ialah sejauh mana urgensi dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Pertanyaan yang perlu ada dalam benak peneliti saat menciptakan latar belakang masalah, ialah “kenapa masalah ini penting?”.

Perumusan Masalah
Merupakan lanjutan dari latar belakang masalah, tetapi berbeda penekanannya. Pada permasalahan penelitian, pertanyaan yang ingin diangkat ialah “Apa yang menjadi permasalahan dalam tema ini?”.

Pertanyaan Penelitian
Pertanyaan penelitian berfungsi sebagai dasar penelitian yang akan dilakukan. Pertanyaan penelitian ialah hal-hal yang ingin dijawab melalui penelitian. Selain itu merupakan rambu-rambu sehingga penelitian sanggup terfokus. Sebaiknya tidak lebih dari tiga pertanyaan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian merupakan rumusan masalah dalam bentuk kalimat pernyataan. Tujuan penelitian sangat berkaitan dengan kesimpulan. Bila masalah penelitian merupakan hal yang dipertanyakan dan tujuan penelitian merupakan tanggapan yang ingin dicari, maka kesimpulan merupakan tanggapan yang diperoleh. Manfaat penelitian merupakan kegunaan nyata dari hasil yang akan dicapai melalui sebuah penelitian. Selain bersifat praktis, manfaat penelitian juga sanggup bersifat teoretis.

Landasan Teori
Landasan teori merupakan telaah masalah penelitian berdasarkan teori-teori atau bacaan-bacaan. Landasan teori ialah landasan teoretis bagi penulis untuk menjawab masalah penelitian. Adakalanya pada cuilan landasan teori dimasukkan pula definisi konsep dan definisi operasional supaya pembaca lebih memahami alur penelitian. Definisi konsep ialah definisi dari variabel-variabel yang ingin diteliti. Definisi operasional merupakan pembagian terstruktur mengenai dari variabel-variabel yang ingin diteliti sehingga variabel tersebut sanggup diukur.

Hipotesis
Hipotesis merupakan kemungkinan tanggapan atas masalah penelitian. Disebut kemungkinan lantaran belum dibuktikan lewat penelitian di lapangan. Hipotesis dinyatakan dalam bentuk pernyataan yang menghubungkan variabel-variabel penelitian. Hipotesis sanggup dibagi sebagai berikut.
1) Hipotesis nol (Ho), ialah dugaan awal sebelum dilakukan penelitian, biasanya berisi apa yang ingin dipatahkan atau ditolak dengan melaksanakan penelitian.
2) Hipotesis kerja (Ha), ialah dugaan yang ingin dibuktikan oleh peneliti. Hipotesis kerja menyatakan adanya korelasi antara variabel x dan y.

Ciri-ciri sebuah hipotesis yang baik ialah sebagai berikut.
1) Bisa diterima dengan pikiran sehat
2) Menyatakan korelasi antarvariabel penelitian
3) Dapat diuji
4) Dinyatakan secara singkat dan dalam bentuk kalimat pernyataan
5) Konsisten dengan teori dan fakta yang telah dibangun

Metode Penelitian
Dalam cuilan metode paling tidak terdapat empat cuilan inti, yakni jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisa data, dan unit analisis.

Jenis Penelitian
Jenis penelitian pada pada dasarnya merupakan bentuk penelitian yang ingin dilaksanakan oleh peneliti.

Teknik Pengumpulan Data
Secara umum, data terbagi atas
1) Data primer ialah data yang diperoleh pribadi dari lapangan penelitian.
2) Data sekunder ialah data yang tidak diperoleh secara pribadi dari lapangan.

Dalam penelitian sosial, teknik pengumpulan data yang biasa digunakan ialah kuesioner atau angket, wawancara, observasi, dan studi literatur. Teknik yang digunakan tergantung pada rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, dan sampel yang digunakan. Teknik-teknik pengumpulan data tersebut mempunyai alat atau instrumen pengumpulan data masing-masing.

Teknik Analisa Data
Merupakan cara mengolah data yang telah diperoleh dari lapangan. Teknik analisa data harus diadaptasi dengan jenis pendekatan penelitian. Teknik analisa data dibagi atas dua macam teknik, yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif memakai rumus-rumus statistik dalam mengolah data. Teknik kualitatif memakai analisis fenomena yang terjadi di lapangan dikaitkan dengan teori yang ada.

Unit Analisis
Merupakan satuan atau objek yang diteliti.

Berikutnya. C. Menentukan Topik atau Masalah Sosial sebagai Fokus Penelitian


Download


Lihat Juga
1. Video Rancangan Penelitian Sosial (Revisi) (Youtube Chanel. https://youtu.be/yj44lKyJZWo ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. Video Rancangan Penelitian Sosial (Youtube Chanel. https://youtu.be/1OMl_y0n7ys ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Sumber
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2016. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta


Soal-Soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2

Soal-Soal Lain
1. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
2. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Jenis dan Tipe Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Rancangan Penelitian Sosial Klik di Sini
4. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
5. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Jenis Penelitian Sosial Klik di Sini
6. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XII Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial Kliuk di Sini
7. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Rancangan Penelitian Sosial Klik di Sini

Tambahan
1. Glosarium Materi Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi 2016)
2. Silabus Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi) 
3. Program Tahunan Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
4. Program Semester Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
5. RPP Sosiologi Kelas X. Metode Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi)

Media
1. Power Point
2. Video Penunjang
3. Materi Pengayaan Sosiologi. Penelitian Sosial

Perangkat Pembelajaran (Kur Revisi) New
1. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Silabus (Kur Revisi)
2. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi (Kur Revisi)
3
. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran (Kur Revisi)

4. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) (Kur Revisi)
5. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian (Kur Revisi)
6. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Format Penentuan Kriteria Ketuntasan (Kur Revisi) Semester 1 dan Semester 2
7. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Jurnal Guru Mengajar (Kur Revisi)
8. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Kalender Pendidikan (Kur Revisi)
9. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Alokasi Waktu (Kur Revisi)
10. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Kompetensi (Kur Revisi)
11. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Tahunan (Kur Revisi)
12. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Semester (Kur Revisi)
13. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 1 (Kur Revisi)
14. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 2 (Kur Revisi)
15. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 3 (Kur Revisi)
16. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 4 (Kur Revisi)

Lembar Penilaian Pembelajaran New
1. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Lampiran Teknik dan Instrumen Penilaian
2. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis PG
3. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis Uraian
4. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
5. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Penugasan
6. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Unjuk Kerja
7. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Proyek
8. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Produk
9. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Portofolio
10. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Rekapitulasi Lembar Penilaian


Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Glosarium Sosiologi. Materi Kelas XII
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Rancangan Penelitian Sosial
4. Pengertian Penelitian Sosial Menurut Ahli
5. Pengertian Populasi dan Sampel Serta Teknik Sampling Menurut Ahli

Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern

Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies

Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel